Tips Membuat Password Yang Aman

Setiap kita membuat sebuah akun di internet seperti email facebook twitter pasti membutuhkan password atau kata kunci agar bisa masuk ke akun tersebut.Agar password yang kita buat aman dalam membuatnya jangan asal asalan dan mudah di tebak karena jika akun yang kita punya di bobol bisa rugi. Seluruh data bisa di curi jika data tersebut bersifat sangat pribadi habislah kita dan yang paling parah akun yang kita punya bisa di lakukan untuk tindakan kejahatan.Berikut tips membuat password yang aman dan tidak mudah di tebak seperti di kutip kompas.com:

  • Buatlah password yang tidak berhubungan dengan diri Anda, istri, anak, tanggal kelahiran, warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan Anda. Semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang Anda sukai pasti akan dicoba oleh orang yang hendak mengakses data Anda. Cara seperti ini merupakan metode social engineering. Akan tetapi jika Anda membuat password “gado-gado”, itu dijamin akan sulit untuk ditebak. Misalnya saja gabungan huruf besar-kecil, simbol, serta perpaduan huruf dan angka dengan karakter yang panjang.
  • Buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).
  • Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya saja penggabungan “#$@!()&^TG!@”. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.
  • Gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan.
  • Jangan gunakan password yang ada dalam dictionary (kamus).
  • Jangan menyimpan password pada secarik kertas karena bisa saja setelah Anda ingat password-nya, Anda membuang kertas itu. Teknik seperti ini juga bisa dimanfaatkan, yaitu dengan mengorek sampah untuk mencari informasi yang bermanfaat.
  • Hati-hati kalau Anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang peretas sedang beraksi untuk mencuri password. Mereka biasanya menggunakan teknik network sniffing untuk memantau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, termasuk account dan password.
  • Perhatikan juga sambungan keyboard pada komputer Anda karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.
  • Guna sistem copy-paste untuk menginput password. Hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.

Sumber :Kompas.com

Passsword seperti kunci dalam sebuah pintu jika kunci itu di curi maka dengan leluasa para orang jahat masuk  menguras habis seisi rumah.Dan yang menarik password orang alay itu aman dan tidak mudah di tebak karena perpaduan angka dan huruf yang aneh.

About these ads

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: