Tips Membaca Resep dokter

Resep yaitu: suatu permintaan tertulis dari dokter kepada apoteker untuk menyiapkan, meracik dan menyerahkan obat serta memberikan informasi tentang obat kepada pasien. Resep merupakan bentuk komunikasi dokter dan apoteker yang bersifat rahasia. Resep dokter juga tidak boleh dibaca oleh orang lain yang tidak memiliki kepentingan dengan si pasien. karena ini merupakan rahasia pasien.
Kita sebagai orang yang bukan dalam bidang Kedokteran maupun Farmasi pasti bingung membaca resep ditulis dokter.
Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara membaca resep. Hanya berbagi pengetahuan saja, bukan untuk disalah gunakan ya.

1. Resep Serbuk dan Kapsul

Unsur-unsur Resep
Identitas Dokter Nama, nomor surat ijin praktek, alamat praktek dan rumah dokter penulis resep serta dapat dilengkapi dengan nomor telepon dan hari serta jam praktek. Biasanya sudah tercetak dalamblanko resep

Superscriptio

 Harus ada Superscriptio atau Tanda R/ di resepnya. Tanda R/ atau Recipe yang artinya Ambilah atau Harap diambil.

Inscriptio

Bagian inti resep, berisi nama obat, kekuatan dan jumlah obat yang diperlukan danditulis dengan jelas. Pada huruf R/ yang pertama, Tertulis “Amoxan mg 250″ Artinya obat bernama Amoxan Kapsul 250mg

Subscriptio

Bagian yang mencantumkan bentuk sediaan obat (BSO) dan jumlahnya. Cara penulisan (dengan singkatan bahasa latin) tergantung dari macam formula resep yang digunakan. Pada resep pertama tertulis : “no. x”. Artinya : Obat Amoxan 250mg yang    berbentuk kapsul Sebanyak 10 kapsul.

Signatura

Artinya merupakan Aturan Pakai pada resep pertama tertulis “S. 3 dd I caps”, artinya “Pakailah Amoxan 250mg itu, 3 kali sehari 1 kapsul sekali minumnya”.

R/ kedua

1. Di bagian R/ yang kedua terlihat ada beberapa obat dalam satu R/.  bahwa Obat pada resep diatas obat yang akan diracik. Obat yang terdapat didalam R/ yang kedua terdiri dari : Paracetamol,saccharum lactis (laktosa). Jumlah Miligram (mg) atau Tablet (tab) disamping obat, adalah jumlah obat yang dibutuhkan. Untuk q.s sendiri, merupakan singkatan dari quantum satis yang artinya secukupnya.

2. Diresep R/ kedua, ada perintah Cara Pembuatan dengan kata-kata seperti ini : ” m.f. l,a. pulv d.t.d No. X ”. Ini adalah singkatan dalam Bahasa Latin yakni “Misce Fac Lege Artis Pulvis Da Tales Dosis Numero X,

m = Misce = Campur
f.l.a= Fac Lege Artis = Buatlah sesuai keahlian (aturan)
pulv = Pulvis = Serbuk
dtd = Da Tales Dosis = Sesuai Dosis
No. X = Nomero X = Banyaknya 10

3. Masih di R/ yang kedua. Tertulis “S.p.r.n.t.d.d pulv 1”. Ini dapat diartikan : Bila demam dapat diberikan 3 X sehari 1 bungkus

Setelah pembahasan semua jumlah obat, tidak kalah pentingnya, bahwa Nama Pasien, Umur dan Alamat. Jangan terima rese, bila Nama Pasien Anda tidak jelas atau lengkap (Bagi Petugas Apotek).

Resep Salep


Pengerjaanya :
1.Harap diambil Neomicyn , Hydrocortison , Vaselin album.
Neomicyn 1% berarti :1/100 X 50 mg =0,5 mg Neomicyn
Hydrocortison 1% berarti 1/100 X 50 mg = 0.5 mg Hydrocortison
Vaselin Album ad 50 mg berarti : Berikan Vaselin Album hingga massa salep menjadi 50 mg yaitu :
50 mg -0,5 mg -0,5 mg = 49 mg Vaselin Album
2.Cara pengerjaan m.f.l.a unguentum yang berarti: Campur dan buatlah sesuai aturan Salap.
3. Aturan pakai s.u.e yang berarti: tulislah untuk obat luar . Dan sudah bisa dimengerti obat salep yang dibuat khusus dioleskan pada bagian luar kulit.
Kira-kira seperti itulah cara pengerjaan resep dokter di apotik. Masih banyak lagi model resep yang tingkat kesulitannya tinggi yang hanya dapat dikerjakan tenaga farmasi. Untuk kita hanya sekedar menambah ilmu saja ya.
Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10959339

Iklan

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: