Mengenal Teknologi NFC

Near Field Communication atau NFC memungkinkan sistem transaksi yang lebih sederhana, pertukaran data hingga koneksi nirkabel dengan jarak yang dekat satu ama lain antara dua perangkat. Jarak tersebut biasanya sekitar beberapa sentimeter.

NFC sendiri merupakan seperangkat teknologi konektivitas nirkabel yang dikembangkan dari teknologi RFID (Radio Frequency Identification) untuk memudahkan transaksi melalui sebuah ponsel

Dikutip dari Wikipedia, teknologi konektivitas NFC ini memungkinkan Anda terhadap beberapa hal di antaranya :

  • Akses control,
  • Konsumen elektronik,
  • Kesehatan,
  • Informasi pengumpulan dan pertukaran,
  • Loyalitas dan pembelian kupon,
  • Pembayaran, dan
  • Transportasi.

NFC digagas oleh Nokia dan operator telekomunikasi asal Eropa dan Asia meliputi KPN, Maxis Communications Bhd, O2, Orange, SingTel, SKT dan Wind serta 14 operator mobile lainnya. MasterCard juga ikut terlibat dalam proyek ini. Pengembangan wireless chip NFC pada ponsel melibatkan China Mobile, Vodafone, Cingular milik AT&T Inc, BellSouth Corp serta Telefonica bersama dengan produsen chip NXP serta Sony yang jadi pionir contactless chip.

Secara teknis, teknologi NFC sudah siap, bahkan vendor asal Finlandia, Nokia sudah memperkenalkan empat produk ponsel yang mengadopsi teknologi NFC ini. Kendalanya adalah masih terbatasnya jumlah ponsel yang beredar di pasar dan tingginya biaya dalam mengadopsi teknologi NFC. Sejauh ini banyak manfaat yang bisa diambil dari NFC di antaranya :

  • Interaksi NFC tidak memiliki kesulitan karena hanya melalui sentuhan yang sederhana.
  • NFC cocok digunakan untuk industri dan lingkungan yang luas.
  • Lapisan dasar teknologi NFC mengikuti standar dunia yang telah diterapkan oleh ISO, ECMA, dan ETSI.
  • NFC memfasilitasi pengaturan dengan cepat dan sederhana dari teknologi nirkabel, seperti Bluetooth dan WiFi.
  • Transmisi NFC bekerja dengan jarak dekat.
  • NFC bekerja dengan teknologi yang sudah memiliki kartu contactless.
  • NFC memiliki kemampuan dalam mendukung aplikasi yang aman.

Keunggulan NFC terletak pada perannya yaitu sebagai teknologi yang memudahkan dan membuat nyaman pelanggan ketika membuka berbagai bentuk komunikasi dan model transaksi. NFC memungkinkan Anda untuk melakukan hal yang diinginkan hanya dengan menyentuh atau menempatkan perangkat Anda mendekati layanan yang dikehendaki.

NFC terus melakukan inovasi dalam mengenbangkan teknologinya, perkembangan NFC dibagi ke dalam tiga kategori yakni service initiation, peer to peer dan pembayaran tiketing.

Service Initiation

Ketika pengguna menyentuh sebuah perangkat seperti ponsel yang memiliki kemampuan NFC, transformasi pesan antara kedua perangkat tersebut bisa hanya menjadi beberapa baris teks, sebuah URL, nomor telepon atau potongan bagian data sederhana lainnya.

Peer to Peer

Penggunaan metode peer-to-peer dimanfaatkan untuk menentukan metode koneksi ketika menggunakan nirkabel lain, seperti koneksi Bluetooth atau WiFi. Contohnya ketika Anda mengambil serangkaian foto menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, lalu Anda ingin mencetaknya maka Anda hanya perlu menyentuh perangkat NFC untuk dihubungkan ke printer yang telah aktif. Maka koneksi Bluetooth akan mengirimkan foto tersebut agar bisa dicetak oleh printer. Bentuk komunikasi peer to peer NFC juga biasanyadigunakan di kafe internet untuk memperoleh pengaturan yang benar tanpa harus memasukkan kata kunci secara manual dalam pemakaian WiFi. Anda bisa menyentuh ponsel yang sudah disediakan di meja untuk mengunduh pengaturan, lalu menghubungkan ponsel tersebut dengan laptop agar koneksi WiFi dapat terhubung secara otomatis.

Pembayaran dan Tiketing

Pembayaran tiketing merupakan salah satu cara dalam menciptakan standar penggunaan NFC. Bank dan operator jaringan menempatkan pembayaran, pembelian atau pembayaran tiket menggunakan aplikasai yang berbasis teknologi NFC pada ponsel.

Perbedaan NFC dengan Bluetooth

NFC dan Bluetooth merupakan teknologi komunikasi jarak pendek yang terintegrasi ke dalam sebuah ponsel. Sebenarnya NFC bekerja pada kecepatan yang lebih lambat dari Bluetooth, tetapi konsumsi dayanya jauh lebih sedikit dibandingkan konsumsi daya Bluetooth karena tidak memerlukan pasangan.

Set up NFC lebih cepat dibandingkan Bluetooth standar, tetapi tidak lebih cepat dari Bluetooth yang memiliki energi rendah. NFC tidak melakukan konfigurasi manual untuk mengidentifikasi perangkat tetapi koneksi antara dua perangkat NFC akan otomatis diidentifikasi dengan cepat dengan kurun waktu kurang dari sepersepuluh detik. Data maksimum kecepatan transfer NFC adalah sekitar 424 kbit /s, lebih lambat dibandingkan kecepatan Bluetooth V2.1 yang hanya sekitar 2,1 Mbit /s.

NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek untuk mengurangi kemungkinan adanya intersepsi yang tidak diinginkan. Berbeda dengan Bluetoth, NFC membutuhkan daya yang relatif lebih rendah. Namun, ketika NFC bekerja dengan perangkat unpowered (misal: pada ponsel yang dimatikan, kartu kredit contactless smart atau poster cerdas konsumsi daya NFC akan lebih besar disbanding Bluetooth V4.0, hal ini disebabkan karena NFC menerangi tag pasif yang membutuhan daya tambahan.

Sumber:Paseban.com

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: