Mengenal Yamaha Mio J

VIVAnews – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap mengandalkan jagoan terbarunya di kelas matik. Kali ini produsen berlambang garpu tala meluncurkan skutik injeksi pertamanya di pasar motor tanah air.

Skutik yang memiliki tagline ‘Semakin Cepat Semakin Irit It’s Magic’ merupakan komitmen Yamaha untuk ikut masuk ke era injeksi. Sistem pengabutan mesin Mio J menggunakan sistemFuel Injection (FI) terbaru atau disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Mio J sudah memiliki teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston pada mesinnya. Dengan perpaduan tersebut, Yamaha mengklaim kalau motor ini mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen, dengan kelincahan sesuai reputasi Mio.

Lalu apa yang membuat Mio J diklaim bisa irit namun tetap kencang?

Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM),  M. Abidin, mengungkapkan, putaran bawah Mio J dibuat lebih responsif dan soft. Sehingga tidak perlu membetot gas terlalu dalam untuk menghasilkan putaran mesin yang bertenaga. “Cukup setengah saja, Mio J dapat ngacir secara baik,” kata Abidin, Kamis 23 Februari 2012.

Selain sistem pasokan bahan bakar yang menggunakan YMJET-FI, masih ada teknologi lain yang diaplikasi di Mio J. Seperti Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet, tahan lama.

Menurut Abidin, para tenaga ahli Yamaha mengaplikasi “Low Friction Engine Technology”, artinya struktur mesin MIO J memiliki daya gesek yang rendah, akibatnya efek panas pada mesin menjadi lebih rendah, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

“Ini disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Hal ini diaplikasi pada bagian Cam Shaft (ditambahkan bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah,” ujar Abidin.

Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi juga dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

Abidin menambahkan, teknik jitu ciptaan insinyur Yamaha ini sesuai dengan berkendara harian kebanyakan bikers di Indonesia, yakni antara 20 sampai 55 km/jam. “YMJET sangat sempurna, karena bisa mengakomodir kebutuhan bahan bakar dengan torsi tenaga yang dibutuhkan,” katanya.

Mio J mengusung mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Mio J memiliki ruang bagasi cukup luas dengan daya tampung 8 liter. Bagasi ini bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Selain itu daya tampung tangki BBM juga lebih banyak yaitu 4,8 liter.

Mio J-FI dibanderol seharga Rp11,99 juta , Mio J CW-FI harganya Rp12,8 juta, Mio J-CW Teen FI seharga Rp12,93 juta. Harga tersebut on the road Jakarta dan sekitarnya.

Yamaha menargetkan penjualan Mio J sebanyak 25-50 ribu unit per bulan. Peresmian anggota terbaru dari keluarga Mio ini akan digelar di Dago Plaza, Bandung, Minggu 25 Februari 2011.

• VIVAnews.com

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

2 Responses to Mengenal Yamaha Mio J

  1. Penney mengatakan:

    I just like the valuable information you provide in
    your articles. I will bookmark your weblog and test again
    right here frequently. I’m quite sure I will be informed lots of new stuff right here! Good luck for the next!

  2. Wendell mengatakan:

    Thanks for your recommendations on this blog. A single thing
    I would wish to say is purchasing gadgets items in the Internet is nothing new.

    Actually, in the past decade alone, the market for online consumer electronics has grown
    noticeably. Today, you can find practically almost any electronic gizmo and gizmo on the Internet, including
    cameras plus camcorders to computer elements and video gaming consoles.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: