Negara-Negara Pengimpor Kurma ke Indonesia

Buah Kurma

Berbuka puasa paling enak dengan kurma dan teh manis membuat lapar dan dahaga hilang seketika.Buah asal jazirah arab ini semakin laris saat datangnya bulan ramadhan untuk di hidangan saat berbuka puasa.

Tapi tahukah anda dari mana datangnya kurma kurma tersebut,ada beberapa negara pengimpor kurma ke indonesia ternyata selain dari negara  dari jazirah arab ada negara lain yang membuat saya terkejut karena bukan dari negeri gurun pasir yang lebih membuat saya terkejut lagi ternyata negara zionis israel juga turut mengimpor kurma ke indonesia padahal tak ada hubungan diplomatik antar dua negara.Di kutip dari detik.com inilah negara negara pengimpor kurma ke indonesia

Australia

Sangat kecil impor kurma dari negara Australia ini. Setidaknya ada 0,4 ton kurma impor dengan nilai US$ 1.688 dalam jangka waktu 6 bulan pada tahun ini.

Pada bulan April dan Juni, RI tidak mengimpor kurma dari negeri Kangguru itu. Impor terbesar tercatat pada bulan Mei 2012, yaitu sebanyak 0,3 ton dengan nilai US$ 944.

Algeria

Pada bulan Mei dan Juni 2012, tidak terjadi impor kurma dari negara ini. Hanya saja pada bula April 2012, Indonesia menerima sebanyak 36 ton kurma impor dengan nilai US$ 43,2 ribu.

Pada bulan April inilah untuk pertama kali, RI mengimpor kurma dari negara tersebut dalam tahun 2012 ini.

China

Apa yang tidak ada di negara tirai bambu ini? Bahkan buah gurun pasir seperti kurma pun mampu diekspor negara ini. Tercatat pada bulan Mei, Indonesia mengimpor sebanyak 43,2 ton kurma dengan nilai US$ 33,6 ribu.

Sedangkan pada bulan Juni, kurma impor asal negeri Panda yang masuk ke Indonesia sebanyak 7,3 ton dengan nilai US$ 5.805. Dengan demikian, total impor kurma dari China dari Januari hingga Juni sebanyak 98,5 ton dengan nilai US$ 78 ribu.

Arab Saudi

Pada bulan Mei 2012, impor kurma yang masuk dari negara ini sebanyak 27,1 ton dengan nilai US$ 33 ribu. Sedangkan, pada bulan Juni, impor kurma yang masuk ke tanah air sebanyak 15 ton dengan nilai US$ 12 ribu.

Dengan demikian, sepanjang semester I tahun ini, impor kurma yang masuk ke Indonesia dari negara Arab sebanyak 90,6 ton dengan nilai US$ 84 ribu.

Israel

Meskipun tidak memiliki hubungan bilateral dengan negara Israel, tetapi pada bulan Juni 2012 ini, tercatat masuknya impor kurma dari Israel. Impor tersebut sebanyak 20,6 ton dengan nilai US$ 191,3 ribu dan baru dilakukan satu bulan sejak bulan Januari 2012.

Amerika

Indonesia mengimpor kurma dari Amerika Serikat sebanyak 184,4 ton dengan nilai US$ 563 ribu sejak Januari hingga Juni 2012. Impor kurma dari negara Paman Sam ini tidak dilakukan setiap bulan dan jumlahnya pun cukup kecil.

Pada bulan Mei, sebanyak 57 ton kurma impor dengan nilai 165,3 ribu masuk ke Indonesia dari negara ini. Kemudian, pada bulan Juni, terdapat 117 ton kurma impor dengan nilai US$ 362 ribu.

Malaysia

Indonesia rupanya juga mengimpor kurma dari Malaysia. Sebanyak 737 ton kurma dengan nilai US$ 656 ribu telah masuk ke tanah air sejak Januari hingga Juni tahun ini.

Pada awal tahun, impor kurma dari negeri Jiran ini hanya sedikit, kemudian mulai Mei 2012, impor kurma semakin banyak yaitu 598 ton dengan nilai US$ 520 ribu. Begitupun pada bulan Juni 2012, meskipun menurun kembali, impor kurma asal negeri Upin Ipin ini sebanyak 132 ton dengan nilai US$ 129,2 ribu.

Ini Emirat Arab

Impor kurma dari Uni Emirat Arab yang secara total Januari hingga Juni mencapai 3 ribu ton dengan nilai US$ 2,5 juta.

Pada bulan Mei, impor kurma dari gabungan 7 negara penghasil minyak bumi ini sebanyak 881,5 ton dengan nilai US$ 738,6 ribu. Namun, pada bulan Juni, jumlah impor menurun menjadi 260,7 ton dengan nilai US$ 276,4 ribu.

Iran

Kurma Iran yang masuk ke tanah air per semester I tahun ini sebanyak 2,7 ribu ton dengan nilai US$ 2,6 juta. Pada bulan Mei 2012, sebanyak 1.162 ton kurma dengan US$ 1,4 datang dari negara ini.

Sementara itu, pada bulan Juni, terjadi penurunan impor kurma menjadi 667.6 ton dengan nilai US$ 506 ribu.

Mesir

Impor kurma dari Mesir sepanjang Januari hingga Juni sebanyak 7,1 ribu ton dengan nilai US$ 6 juta. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar masuk ke Indonesia.

Pada bulan Mei, impor kurma dari negeri Piramid ini sebanyak 2.289 ton dengan nilai US$ 1,9 juta. Sedangkan pada bulan Juni 2012, impor kurma yang masuk sebanyak 2.028 ton dengan nilai US$ 1,8 juta.

Tunisia

Impor kurma terbesar nilainya datang dari negara Tunisia, totalnya 2,3 ribu ton dengan nilai US$ 7 juta telah masuk sepanjang tahun 2012 ini. Kenaikan impor pada bulan Juni hampir 3 kali lipat dari negara tersebut dibandingkan impor pada bulan Mei.

Pada bulan Mei, impor kurma dari Tunisia sebanyak 686,3 ton dengan nilai US$ 2,4 juta. Sedangkan pada bulan Juni, impor kurma meningkat menjadi 1.484 ton dengan nilai US$ 4,5 juta.

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: