Mengenal Lebih Jauh Windows 8

Microsoft baru saja meluncurkan os terbarunya windows 8 berbagi pembaharuan dan kemudahan dalam penggunaan di tawarkan sebagai upaya agar pengguna pemula pun dapat belajar dengan mudah.Tampilan lebih fresh dari para pendahulunya seperti apa windows 8 berikut ulasanya dari kompas.com

Ketersediaan

Windows 8 sudah bisa di-download dari situs resmi MIcrosoft mulai tanggal 26 Oktober 2012. Selain cara online ini, tersedia paket instalasi Windows 8 dalam kepingan DVD tradisional.

Harga

Upgrade online Windows 8 tersedia bagi pengguna Windows XP, Vista dan 7. Untuk pengguna yang membeli sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut sebelum 2 Juni 2012, upgrade online Windows 8 dihargai 40 dollar AS.

Untuk pengguna yang membeli sistem operasi atau komputer dengan salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut antara tanggal 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013, disediakan diskon upgrade sehingga cukup membayar 14.99 dollar AS saja.

Adapun versi Windows 8 dalam bentuk kepingan DVD dijual 70 dollar AS.

Versi Windows 8

Windows 8

Adalah versi paling dasar yang menyasar kalangan pengguna biasa. Fitur-fiturnya termasuk tampilan Start Screen baru, aplikasi-aplikasi utama seperti Mail, Music, Calendar, Internet Explorer 10, Windows Store, dan desktop.

Windows 8 Pro

Versi ini memiliki semua fitur Windows 8 standar ditambah sejumlah fungsi lain yang berguna untuk power user seperti BitLocker, client hyper-v, domain join, enkripsi file sistem, dukungan group policy, dan remote desktop hosting.

Windows RT

Ini adalah versi Windows 8 yang digunakan di perangkat-perangkat tablet berbasis ARM. Tidak seperti dua versi lainnya, Windows RT tak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk komputer desktop (x86/ 64). Ia hanya akan menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store saja.

 Hardware

Untuk bisa menjalankan Windows 8, sebuah komputer harus memiliki setidaknya:

  1. Prosesor berkecepatan 1 GHz atau lebih kencang
  2. RAM sebesar 1 GB untuk versi 32-bit atau 2 GB untuk versi 64-bit
  3. Ruang hard disk kosong sebesar 16 GB untujk versi 32-bit atau 20 GB untuk versi 64-bit
  4. Pemroses grafis yang kompatibel dengan DirectX 9

Untuk menjalankan aplikasi yang diperoleh dari Windows Store, pengguna harus memiliki monitor dengan resolusi 1024×768 atau lebih. Resolusi minimal sebesar 1366×768 diperlukan untuk menjalankan fungsi “snap” sehingga aplikasi-aplikasi dari Windows Store lebih mudah diorganisasi.

Tampilan

Salah satu perubahan terbesar dalam WIndows 8 adalah dihilangkannya tombol “Start” dari desktop. Sebagai gantinya, Microsoft menyediakan layar “Start Screen” berisi daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang di komputer, yang disusun dalam pola kotak-kotak dengan thumbnail (tiles).

Secara umum, interface baru pada Windows 8 lebih cocok dengan notebook dibanding desktop karena touchpad pada notebook menyediakan pilihan input touch gesture — mirip pada perangkat tablet — yang bekerja lebih baik pada interface Windows 8 dibandingkan mouse.

Akan tetapi, dengan sedikit penyesuaian, pengguna juga bisa menggunakan mouse untuk bernavigasi dalam Windows 8 tanpa masalah.

Toko Aplikasi Windows Store

Dalam Windows 8, pengguna dapat menemukan icon toko aplikasi Windows Store yang mirip dengan Apple App Store pada Mac OS. Dari sini, pengguna bisa men-download aplikasi yang didesain khusus untuk Windows 8.

Pengguna Windows 8 dan Windows 8 Pro bisa menjalankan aplikasi Windows –termasuk aplikasi-aplikasi lama yang didesain untuk windows 7– dari desktop seperti pada sistem operasi sebelumnya.

Sambungan Cloud

Berbeda dari para pendahulunya, Windows 8 dirancang untuk cloud/ Sistem operasi ini menyediakan aplikasi SkyDrive, yaitu layanan cloud storage milik Microsoft secara built-in. SkyDrive juga akan hadir di Microsoft Office terbaru dan akan menjadi tempat penyimpanan default untuk dokumen sehingga pengguna bisa mengaksesnya dari semua jenis perangkat.

Perbedaan -dan Persamaan Windows 8 dan Windows Phone 8

WIndows 8 dan WIndows Phone 8 memiliki beberapa kesamaan dalam hal kernel yang digunakan sehingga aplikasi yang dibuat untuk Windows 8 nantinya juga akan bisa berjalan di Windows Phone 8.

Untuk saat ini hal itu belum terjadi dan kedua sistem operasi masih berdiri terpisah, tetapi Bill Gates, pendiri Microsoft, mengatakan bahwa Windows 8 dan Windows Phone 8 sedang berevolusi menjadi satu platform tunggal.

Perangkat Yang Mendukung Windows 8

Laptop
Yang pertama adalah komputer jinjing atau laptop, atau ada juga yang menyebutnya komputer clamshell (kulit kerang), karena bisa dibuka-tutup bak kerang. Kategori ini dibagi lagi dalam jenis notebook, netbook, dan ultrabook. Ada kemajuan pesat pada laptop generasi terkini, yang beberapa telah mendukung navigasi layar sentuh.

Tablet
Windows 8 tak hanya dirancang untuk komputer pribadi, tapi juga didesain untuk perangkat tablet. Tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur x86 berjalan dengan sistem operasi Windows 8. Sedangkan tablet yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM berjalan dengan Windows RT (Run Time).

Beberapa tablet Windows 8 disertai dengan aksesori penutup atau dock papan ketik (keyboard). Jika tablet dipasangkan ke dock, ia seakan berubah wujud menjadi notebook. Beberapa tablet Windows 8 yang menggunakan prosesor Intel Atom ataupun Core i menyediakan port USB, slot kartu memori eksternal, jack audio 3,5mm, sampai port HDMI.

Convertible
Ini adalah komputer kategori baru yang memadukan fungsi tablet dan ultrabook. Pada umumnya komputer convertible bisa digeser, tetapi ada pula produsen yang membuat layar komputer convertible bisa diputar. Bagian layar dan keyboard-nya didesain menyatu, tak bisa dilepas.

Convertible tampak seperti ultrabook jika digeser ke atas atau dalam posisi terbuka. Jika digeser ke bawah atau dalam posisi tertutup, ia tampak seperti tablet. Konektivitas pada convertible juga lengkap, mulai dari USB, kartu memori eksternal, jack audio 3,5mm, sampai port HDMI.

Pc All in One
Mesin dan layar pada komputer All-in-One (AIO) didesain dalam satu ruang. Orang yang membeli AIO biasanya membutuhkan perangkat komputer yang hemat ruang dan digunakan untuk aktivitas multimedia sampai hiburan. Port dan slot konektivitas tersedia di sisi samping ataupun belakang layar.

Komputer AIO Windows 8 memiliki sensor layar sentuh yang lebih baik karena sistem operasi ini memang dimaksimalkan untuk layar sentuh.

Desktop
Bagi Anda yang memiliki komputer desktop, Anda tentu bisa memperbarui sistem operasi ke Windows 8. Pastikan bahwa komputer Anda memenuhi spesifikasi perangkat keras minimum Windows 8 agar komputer bisa berjalan mulus dan gegas.

Cara Berpindah ke Windows 8

1. Jika PC atau notebook pengguna memiliki sistem operasi Windows XP, Vista, atau Windows 7 dan dibeli sebelum 2 Juni 2012.

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk para pengguna dengan syarat di atas. Cara tersebut adalah:

a. Memesan secara online. Pemesanan tersebut bisa dilakukan via situs resmi Microsoft. Untuk melakukan update ini, pengguna cukup membayar 40 dollar AS.

File instalasi sudah bisa diunduh mulai tanggal 26 Oktober.

Pengguna tidak harus meng-install Windows 8 di PC yang digunakan untuk mengunduh sistem operasi tersebut. Pengguna bisa memindahkan file instalasi ke sebuah USB atau DVD.

Untuk membeli update ini, pengguna cukup mengunjungi situs microsoft.com.

b. Untuk pengguna yang lebih suka dengan cara upgrade konvensional, paket upgrade Windows 8 ini juga akan tersedia dalam bentuk DVD dengan harga 70 dollar AS.

2. Jika PC atau notebook pengguna menggunakan sistem operasi Windows 7 dan dibeli antara 2 Juni 2012 hingga 31 Januari 2013.

Microsoft memberikan diskon besar bagi pengguna dengan kualifikasi di atas. Pengguna tersebut cukup membayar 14,99 dollar AS saja.

Uniknya, dengan cara ini pengguna akan langsung mendapatkan Windows 8 Pro, meskipun Windows 7 yang digunakan hanya versi Home atau Basic.

Pengguna bisa memesan update Windows 8 melalui situs http://www.windowsupgradeoffer.com.

3. Belilah produk dengan sistem operasi Windows 8.

Ini adalah cara termudah. Pengguna tinggal membeli produk berbasis Windows 8 yang sudah membanjiri pasar mulai tanggal 26 Oktober 2012.

Dengan cara ini, pengguna sudah tidak perlu direpotkan dengan masalah instalasi. Namun, pengguna harus berhati-hati karena Windows 8 hadir dengan beberapa versi.

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: