Belajar Mencari Sinyal Parabola

Lelah panas dan kaki sedikit gemeteran itulah yang ku alami hari kemarin,sinyal transtv sudah beberapa hari hilang agar kembali mendapat siaran transtv harus manjat genteng tuk menggeser parabola.

Sebenarnya ada tukang service parabola agar sinyal yang hilang bisa kembali.Namun ku berniat untuk otak atik sendiri selain hemat ongkos alis free biaya ada keuntungan lain yaitu belajar agar dapat ilmu mencari sinyal parabola alias trekking.Dengan bisa sendiri maka jika suatu saat kejadian hal serupa bisa langsung di tangani sendiri.Pertama mau mencoba ragu mengingat parabola dengan 4LNB jika tak pas menggesernya sinyal bisa hilang semua.

Setelah adzan dzuhur berbekal kunci 14 tangga dan remot reciever akhirnya ku manjat genteng sendiri untuk memulai aksinya.

Beberapa kali ku puter si jamur raksasa menaikan turunkan dari besi penyangga namun belum pas juga.Sinyal satelit palapa bagus namun telkom hilang sama sekali begitu juga sebaliknya.

Keringat sudah menetes dengan deras tapi belum juga jadi.Tak lama kemudian langit mendung dan hujan pun turun,,akhirnya rehat sebentar menunggu hujan reda.

Sambil menunggu hujan berhenti cari cari info di google di beberpa situs yang ku baca menemukan beberapa teori yang bermanfaat sebagai panduan menemukan sinyal satelit lebih dari satu Lnb.

Hujan telah reda saatnya aksi di lanjutkan.Menurut teori yang ku baca sinyal rcti naikan dulu agar semua yang di palapa bisa ketangkap semua karena rcti paling lemah.Kemudian setelah terLock cari sinyal di telkom yaitu dengan memaksimalkan sinyal transtv agar yang di telkom bisa terlock semua.Bebera kali ku coba masih juga gagal.

Keberhasilan pun akhirnya datang juga,memaksimalkan sinyal rcti kemudian pindah ke jtv dengan memutar sedikit ke arah kanan dan ternyata berhasil juga sinyal telkom dan palapa terlock semua di ikuti oleh asiasat 3 dan asiasat 5 secara otomatis.Sama teori memang sedikit beda namun yang terpenting hasilnya sukses.

Meskipun ini bagi orang yang sudah ahli ini hal kecil namun bagi ku ini keberhasilan yang luar biasa karena proses pembelajaran yang sedikit demi sedikit.

Jadi pelajaran hari kemarin yang ku petik yaitu jangan takut untuk mencoba,,gagal bisa di atasi dengan mencoba lagi dan lagi.

Perihal KUAT
saya kuat abu menjadikan setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga untuk menjadi lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: